Search This Blog

Popular Posts

Monday, November 12, 2012

Purtagory The Hardcore Religy Music Genre

Share ttg genre musik hardcore yang membawa pesan religi, langsung ke TKP aja ya....

Terinspirasi dari tulisannya mas eko, jadi teringat satu band yang di awal kemunculannya, sempat bikin gw penasaran.

Beberapa taun lalu, di tipi sempet gw liat video klip band aneh (soalnya mereka pake topeng) dan mirip² Slipknot gitu.. Gw sangka band apa ini, keren sih emang style-nya, dan menyanyikan lagu berisik yang seperti hampir ga punya nada itu. Usut punya usut, band itu namanya Purgatory. Yup, mereka adalah band metal Indo, hampir sama kayak Tengkorak dan lainnya. Dijamin, ibu² yang lagi hamil 9 bulan atau nenek² jantungan ga bakal demen musik ginian.

Yang bikin gw wondering adalah.. Di tengah² klip, muncul tulisan 7: 172. Apakah itu? Jelas kombinasi angka itu bukanlah kombinasi biasa. Tanda titik dua di tengah angka menyiratkan suatu hal seperti potongan ayat kitab suci.. Ya, Al-Qur'an. Itu adalah Surat Al-A'raaf (surat ke-7) ayat 172. Setelah kubuka Qur'an, ayat itu berisi tentang kesaksian ruh di alam janin (untuk lebih jelasnya baca sendiri).

Pertanyaannya adalah, ngapain juga band metal hard core (CMIIW) yang nadanya aja ga jelas kayak gitu, dan memproduksi suara yang super berisik, bercerita tentang hal² religi. Bahkan sebagian orang menganggap musik kayak gitu sama dengan musik setan. Gelap, dan berisi pemberontakan. Ternyata eh ternyata, setelah melihat blog mas eko diatas, baru gw tau kalo Purgatory (yang arti harfiahnya "api penyucian"), adalah band metal religi. Bahkan bisa dibilang mereka lebih religi daripada band² pop macam Ungu, GIGI yang hanya membuat album religi setiap Ramadhan, Purgatory melakukannya di setiap album mereka.

Liat aja site mereka disini. Konser amal untuk Palestina mereka lakukan. Bahkan hasil penjualan album dan merchandise mereka bakal disumbangin buat Palestina. Lirik lagu mereka diambil dari Qur'an dan Hadits. Judul² lagu mereka pun menyiratkan pesan keagamaan, Lords of War (Ahlinaar), M.O.G.S.A.W (kepanjangan dari Messenger Of God Sholallohu Alaihi Wassalam = Rosulullah SAW), The Battle of Uhud, 55:13 (surat Ar-Rahman (surat ke-55) ayat 13, yang berbunyi ".. maka nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan").. Dan lain-lainnya, yang emang gw belum denger semua, cuma kayaknya tersirat pesan² agama.

Bahkan dalam perjanjian kontrak manggung mereka, tertulis bahwa pihak penyelenggara harus memberikan waktu khusus untuk keperluan sholat para personil Purgatory ketika maghrib tiba.

Well, terlepas dari segala kontroversi, baik yang suka maupun tidak terhadap cara Purgatory menyampaikan "pesan" mereka, yang jelas gw salut dan baru nemuin band kayak gini. Yang berani ambil langkah beda dalam karakter bermusik mereka.. Pesan yang sebenarnya mereka bungkus "rapih" sehingga bisa ga keliatan, dan memiliki makna tersirat.

Two thumbs up buat Purgatory.. Tetaplah berkarya, dan kayaknya gw harus segera hunting lagu²nya nih.. Penasaran euy.. Hehe.

No comments:

Post a Comment