Popular Posts

Tuesday, November 20, 2012

Putri Kerajaan Thailand Maha Chakri Sirindhorn Mengunjungi Candi Dieng

Putri Kerajaan Thailand Maha Chakri Sirindhorn mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu.

Putri Kerajaan Thailand tiba di pelataran Candi Borobudur sekitar pukul 08.00 WIB disambut antara lain Sekda Pemprov Jateng Hadi Prabowo, Bupati Magelang Singgih Sanyoto, Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Purnomo Prasetjo, dan Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo.

Setelah mengenakan kain batik, Sirindhorn beserta rombongan langsung naik dari pintu timur candi peninggalan wangsa Syailendra tersebut.

Sirindhorn kemudian berkeliling candi dan mendapat penjelasan dari petugas Balai Konservasi Borobudur, Panggah Ardiyansyah.

Panggah mengatakan, Putri Sirindhorn berada di Candi Borobudur sekitar 1,5 jam. Dia lebih banyak bertanya, bagaimana cerita yang terdapat dalam ornamen Candi Borobudur.

"Berhubung Putri Sirindhorn lulusan arkeologi, maka sangat tertarik dengan Candi Borobudur. Beliau bertanya apa saja yang ada di Candi Borobudur, tentang patung Buddha, dan relief," katanya.

Menurut Panggah, Putri Thailand itu tampak sangat senang berkunjung ke Candi Borobudur.

Ia menuturkan, Putri Sirindhorn sangat menikmati melihat relief yang ada di Candi Borobudur, cerita tentang Buddha dan cerita tentang jataka atau reinkarnasi binatang.

Ketika melihat foto-foto Candi Borobudur terdampak erupsi Merapi, dia juga sangat tertarik tentang cara membersihkan candi dan melihat fakta membersihkannya tidak menggunakan alat dari besi, tetapi dengan bahan plastik dan kayu sehingga tidak merusak batu.

"Beliau seorang buddhis dan juga seorang arkeolog sehingga sangat senang berkunjung ke candi Buddha," katanya.

Putri Thailand juga tertarik ketika melihat pengerjaan renovasi bangunan candi, dan menanyakan bagaimana membongkarnya, pemberian kode, dan bagaimana memberikan pelapisan kedap air.

Sebelum mengunjungi Candi Borobudur, Putri Sirindhorn pada Selasa (20/11) mengunjungi komplek Candi Dieng di Banjarnegera.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Bambang Irianto, mengatakan, selama kunjungan kenegaraan ini zona I Candi Borobudur tertutup untuk pengunjung umum.

"Untuk zona I kami tutup sejak pukul 06.00 WIB hingga kunjungan selesai. Sebelum kunjungan selesai, pengunjung tetap bisa masuk di zona II," katanya.

Bambang berharap dengan kunjungan Putri Sirindhorn ini nantinya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari Thailand. 

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Tetaplah Jadi Lentera

Saat kebanyakan orang sibuk mencari kesalahan orang lain untuk menyelamatkan diri sendiri, km cukup diam mengamati satu persatu orang&q...