Search This Blog

Popular Posts

Plan Program


Banjarnegara Community University atau yang di singkat dengan BCU merupakan payung ersama atar komunitas dan lintas komunitas yang ada di Kab. Banjarnegara. Wadah ini selain bertujuan untuk menyatukan seluruh komunitas yang ada di Banjarnegara, BCU juga menjadi media komunikasi antar Komunitas, elemen masyarakat, maupun pemerintah. 

Mengapa payung ini kita beri nama Banjarnegara Community University ? sebab melalui nama university ini, kita harapkan payung ini mampu memberikan pengarahan dan pembinaan pada tiap-tiap komunitas agar setiap anggota komunitas mampu berproses untuk menemukan identitasnya dan juga jati dirinya layaknya dunia kampus. Inilah General Curriculum yang hendak di bangun melalui BCU. 

Adapun struktur kepengurusan di Banjarnegara Community University ini, juga akan dibuat mirip dengan struktur lembaga universitas / kampus. Dimana ketua BCU ini kita sebut sebagai Rektor, yang memiliki wakil rektor baik wakil rektor satu, dua maupun tiga yang membidangi bidang masing-masing. Komunitas yang memiliki ranah wilayah bidang yang hampir sama, akan di masukan dalam satu fakultas atau apapun itu namanya nanti, dan akan di pimpinpin langsung oleh satu orang dekan yang memiliki kapasitas dan kapabilitas sesuai dengan fakultasnya. Namun, khusus untuk ketua jurusan akan langsung di handle oleh masing-masing ketua komunitas sebagai ketua jurusan. 

LANDASAN PEMIKIRAN : 
  1. Bahwa sejak Banjarnegara berdiri yakni 182 tahun yang lalu, belum ada wadah / payung bersama komunitas se-Banjarnegara. Maka perlu di bikin payung bersama ini. 
  2. Bahwa komunikasi dan juga informasi menjadi kunci penting dalam membangun sebuah pergerakan, maka lahirnya wadah / payung BCU menjadi sebuah keniscayaan. 
  3. Bahwa Pemuda adalah Generasi Penerus Bangsa, maka segala macam bentuk kreatifitas anak muda seyogyanya dapat di apresiasi, diwadahi dan juga di bina dalam rangka kaderisasi leadership dimasa yang akan datang. 
  4. Bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan juga lingkungan. Maka kehadiran kami sebagai kaum muda berkeinginan untuk memberikan kontribusi yang positif untuk pembangunan Banjarnegara dan Bangsa.
  5. Bahwa tanggungjawab moral kaum muda sebagai Agent of Sosial, Agent of Control dan juga Agent of Change, mesti terus menerus di sosialisasikan, dengan berbagai macam cara dan upaya, agar di kemudian hari golongan muda ini tidak terjebak pada hingar bingar kemajuan jaman.
Gambaran Fakultas dan Jurusan Banjarnegara Community University
1) Fakultas Pendidikan, Lingkungan dan Sosial
2) Fakultas Agama, Seni Budaya dan Olahraga
3) Fakultas Ekonomi
4) Fakultas Hoby dan Profesi
5) Fakultas Otomotif
6) Fakultas IT

MAKSUD DAN TUJUAN 
Tujuan BCU di bentuk adalah :
  1. Menjadi media pemersatu antar dan lintas komunitas se-Banjarnegara.
  2. Sebagai ajang sambang silaturrahmi, informasi dan juga komunikasi antar dan lintas komunitas se-Banjarnegara.
  3. Sebagai media komunikasi antar dan lintas komunitas se-Banjarnegara dengan pihak lain seperti, pemerintah, dewan, aparat maupun yang lain. 
  4. Sebagai media singkronisasi program antar dan lintas komunitas se-Banjarnegara, sehingga terjadi sinergi yang positif untuk kemajuan Banjarnegara.
  5. Sebagai wadah Candradimukanya seluruh komunitas se-Banjarnegara.
DIAGRAM NETWORKING BCU

No comments:

Post a Comment