Popular Posts

Saturday, January 3, 2015

Kunci HEBAT Gawe Pepadhyange Dhunya


Metode ini ane dapetin via online juga, wabilkhusus pas maca statuse kancaku, jenenge kang sugi wahid, kanca pas jaman urip nang UKM Band SICMA UNY. Piye carane yak ben iso sinau ilmu ikhlas…? Trus ana sing takon maning ; trus piye carane ben iso sinau ilmu sabar ?

Dalam satu momen, mbah Guno ngunthuk karo bocah-bocah nang teras umah. Wektu semono pas jam 16.00 wib, grimis maning…mbah Guno crita kaya kiye…. Nak…, janganlah km menghendaki belajar ilmu sabar, apa lagi ilmu ikhlas. Sebab yen koe ngerti bahwa ilmu sabar dan ikhlas iku bagian dari kajian tasawuf / sufi tingkat tinggi. Akan sulit kita belajar kedua ilmu tersebut, manakala kita masih berada pada makom syariat.

Trus piye carane ben iso sinau ilmu loro kuwe mbah ? celetuk si parno sambil clekut njukut gorengan tempe anget sing nembe bae di suguhna maring mbah Guno putri. Gini loh nak…., cara paling sederhana belajar ilmu sabar lan ikhlas iku dewek kudu sinau SYUKUR dimin. Yoiku Syukur sing sebener-benere Syukur.
 
Bayangkan jika kita ada masalah, lalu kita berdoa, ya Alloh…, berikan saya kesabaran untuk menghadapi persoalan saya ya Alloh…, maka Alloh PASTI akan kasih kesabaran sesuai dengan kadar persoalan yang ada pada kita. Lalu persoalan selesai…Berikutnya ada persoalan yang lebih besar lagi muncul…., lalu kita berdoa lagi, ya Alloh knapa persoalan gak selesai-selesai ya Alloh, berikan saya kesabaran lagi ya Alloh untuk kuat dlm menghadapi persoalan ini ya ALloh…., lalu suatu ketika persoalan inipun selesai…

Dikemudian hari masalah yang jauh lebih dahsyat lagi datang…, lalu kita menangis tersedu-sedu, mengeluh dan berdoa lagi dan lagi, agar Alloh dapat memberikan kesabaran yang lebih, supaya kita mampu menghadapi persoalan tersebut….

Pertanyaan-nya adalah, sampai kapan kita akan berdoa terus menerus meminta kesabaran demi kesabaran di berikan pada kita semua, ketika masalah datang menghampiri ? sementara masalah dalam hidup itu akan terus datang bertubi-tubi menghampiri kita.

Nyong karo kanca-kanca manggut-manggut karo sesekali nyruput kopi sing wis di suguhaken…, termasuk siparno mau sing takon nang nduwur kuwe…

Mbah guno melanjutkan obrolannya…

Jadi sekali lagi, cara yg paling efektif untuk dpt belajar sabar dan ikhlas iku ya sinau syukur ndimin. Yakni syukur yang sebenar-benarnya syukur.

Coba rasakan dan hayati…, ketika suatu masalah menghampiri hidup kita. Lalu kita merenung, mungkinkah di luar sana ada orang lain yang memiliki masalah yang sama dengan kita, atau justru jauh lebih berat dari masalah yang kita hadapi. Jika diluar sana ternyata ada banyak orang yang memiliki persoalan yang jauh lebih berat dibandingkan kita dan mampu bertahan serta mampu menyelesaikan persoalan-nya, lalu…knapa kita tidak ???

Syukuri terlebih dahulu bahwa ternyata persoalan kita belum seberat dengan yg di hadapi oleh oran-orang di luar diri kita…Ketika perasaan syukur itu muncul dengan benar, terlahir dari hati yang paling dalam….

Mulailah rasakan dengan lembut…, si sabar alias kesabaran itu sendiri secara perlahan dan pasti mulai tumbuh dari hati kita untuk menghadapi smua persoalan yg ada.

Nah…, ketika rasa sabar itu mulai muncul dari hati kecil kita, rasakan juga kemunculan logika yang realistis untuk mulai mengurai benang kusut persoalan yang ada. Dan ketika logika mulai berjalan seiring dangan lahirnya benih kesabaran yang mucul dari nurani kita. Maka mulailah untuk dapat merasakan dengan kelembutan khusus, bahwa ternyata KEIKHLASAN itu mulai tumbuh mana kala benih kesabaran itu lahir semakin besar.

Kita jadi lebih siap menerima ujian-Nya. Sebab kita YAKIN bahwa “ Tuhan Alloh SWT itu tdk akan menguji suatu kaum atau umatNya, diluar batas kemampuanya “. dan kitapun makin YAKIN akan JANJI Alloh bahwa " Barang siapa mau mensyukuri nikmatKU PASTI akan Aku lipatgandakan, dan barang siapa KUFUR / mengingkari nikmatKU, sungguh azabKu sangatlah pedih ". ( mau pilih NIKAMT atau Pedih ? )

Sampai disini kira-kira pada paham apa ora nak….? Kata mbah Guno pada kami…
Jadi rumusnya adalah SYUKUR agar kita bisa sampai pada pintu gerbang ilmu kesabaran dan juga ilmu keikhlasan.

So…, jangan kebalik belajar ikhlas dolo atau sabar dolo nak….sebab…bagaimana kita bisa belajar ikhlas, wong sabar saja kita belum sampai… ??? lalu bagaimana kita bisa belajar sabar, wong sinau syukur saja kita belum becus….

( sambil manyum bah guno menutup kata-katanya, lalu kita jd tertawa bareng, hehehe )

Ingat ya nak…, SUKUR = Sabar + Ikhlas !!! iku yg bakal dadi pepadhange dhunya mu…
Cekel ilmu sederhana iki buat pegangan hidup kalian semua.
Selamat datang di pintu gerbang “ Narimo ing pandhum lan Lilo Legowo “

#SalamRevolusiHarmony

Wahono

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Tetaplah Jadi Lentera

Saat kebanyakan orang sibuk mencari kesalahan orang lain untuk menyelamatkan diri sendiri, km cukup diam mengamati satu persatu orang&q...