Search This Blog

Popular Posts

Monday, August 17, 2015

Menulis adalah Ibadah

Allah menciptakan manusia pada hakekatnya untuk beribadah kepadaNya. Dan ibadah sendiri sebagaimana yang kita tahu, ada ibadah yang mahdoh (vertikal) dan ada pula yang ghair mahdoh (horizontal). Salah satu ibadah yang paling spesifik yang Allah perintahkan kepada kita adalah berdakwah. 

Yaitu menyampaikan dan menyeru manusia ke jalan yang benar, mengajak supaya manusia beribadah dan menyembah kepada Allah semata, yang tiada Tuhan selaiNya. Nah, dakwah itu ada yang disampaikan dengan lisan, tulisan, prilaku atau akhlak yang kita lakukan. 

Yang menarik untuk ditelusuri adalah dakwah melalui pena atau tulisan. Berdakwah menggunakan media tulisan adalah salah satu terobosan yang sangat cerdas. Bagaimana seseorang yang kompeten dan mengetahui berbagai disiplin ilmu terutama ilmu Agama, bisa memanfaatkan media tulisan sebagai alat untuk bedakwah. Keutamaan tulis menulis itu sangat bermanfaat bagi umat. Bagaimana jadinya kalau para shohabat Rosul pada zaman dulu tidak menuliskan hadist-hadis yang Rosul keluarkan? pasti kita tidak akan mengenal Nabi kita sendiri. Bagaimana jadinya kalau Imam Al Gozali tidak menuliskan ilmu-ilmunya? pasti kita tidak akan kenal dengan yang namanya Ihya Ulumudin. Bagaimana jadinya kalau para ulama, filosof, ilmuan pada zaman dahulu tidak sempat menuliskan apa-apa yang diketahuinya? pasti kita tidak akan mengenal yang namanya peradaban. 

Memang menarik sekali dunia tulis menulis ini. Karena aktivitas menulis banyak manfaatnya. Mulai dari manfaat yang sederhana sampai manfaat yang cukup lumayan. Seperti yang diungkapkan oleh seoarang penulis senior dari Timur Tengah Fatimah Marnisi, bahwa menulis itu bisa menyehatkan dan bisa menghaluskan kulit wajah serta bisa awet muda. Subhanallah, Dahsyat bukan? Mulai sekarang bagi kita gak ada alasan untul tidak menulis dan gak mau menulis. Sebagaimana yang dikatakan oleh seoarang Agus Ahmad Safei, bahwa: 

• Menulis itu adalah ibadah 
• Menulis itu adalah rohmat 
• menulis itu adalah aktualisasi 
• Menulis itu adalah panggilan 
• Menulis itu adalah seni 
• Menulis itu adalah amanah 
• Menulis adalah pelayanan 
• Menulis adalah kehormatan 

By : FERI ANUGRAH, Warga www.SunanGunungDjati.com 
Reposting by : WAHONO. Warga www.coretanekangwahono.blogspot.com

No comments:

Post a Comment