Berita TERBARU

Berfikir WARAS perihal C-19 sekarang dan kedepan

Hamper satu tahun sudah pendemi corona ini melanda negeri yang kita cintai ini. Dan inilah data statistic per 09 Februari 2021 perihal Covid...

Senin, 07 Desember 2020

Profile Keltan Durian Simimang Mimang Jaya

17 Agustus 2018 bertepatan dengan HUT RI ke-73, Kelompok Tani Durian Simimang " Mimang Jaya " Terlahir sebagai organisasi pemuda di Desa Pekauman. Kec. Madukara, Kab. Banjarnegara yang bergerak dalam bidang pengembangan sektor pertanian durian nusantara simimang.  

Setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya pada 11 Januari 2019, Kepengurusan Keltan Durian Simimang " Mimang Jaya " terbentuk dengan sempurna berikut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi. 

10 bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 11 November 2019, SK Kepala Desa Pekauman terbit sebagai bentuk pengakuan sekaligus pengukuhan secara resmi keberadaan Keltan Durian Simimang Mimang Jaya, dengan nomor SK : 521.37 / PKM / II / 2019, Perihal Pengukuhan Kelompok Tani Mimang Jaya Desa Pekauman. Kec. Madukara. Kab. Banjarnegara. Tahun 2019.

Proses pembibitan durian Simimang terus berjalan sejak mula gagasan keltan " Mimang Jaya " ini tercetus dan diskusi-diskusi produktifpun secara informal terus mengalir, hingga akhirnya kita memutuskan untuk bisa belajar lebih dalam perihal durianisasi. 

Tepat pada tanggal 5 November 2020 Keltan Durian Simimang " Mimang Jaya " berhasil mengadakan sebuah kegiatan bertajuk Pelatihan Kelompok Tani dalam rangka Peningkatan Kualitas Kebun dan Buah Durian Simimang, secara SWADAYA. Dengan menghadirkan pakar durian dari Bogor yakni Proff Durian Mulyana Ahmad beserta rombongan dari organisasi Petani dan Pedagang Durian Unggul Indonesia. ( Mr. Tabah CS ). 

Sebelum itu, Keltan Durian Simimang " Mimang Jaya " sempat dipanggil oleh Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono untuk berdiskusi tentang pengembangan durian simimang. Moment ini sekaligus kita PRASASTIKAN dengan menanam bibit durian unggul simimang di rumah dinas Bupati Banjarnegara dan sekitar pendopo. Ada sekitar lima pohon kita tanam sebagai simbul bahwa Masyarakat Banjarnegara perlu kenal dan mengenali serta bangga dengan durian simimang yang telah menasional namanya. Turut hadir mendampingi Keltan Durian Simimang " Mimang Jaya ", Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kab. Banjarnegara, Pak Totok dan Camat Madukara Pak Pur, sebagai bentuk dukungan secara moral terhadap kreatifitas gerakan pemuda Desa Pekauman untuk Banjarnegara dan Bangsa. ( 22 Oktober 2020 ).

Total pembibitan durian unggul Simimang oleh Keltan Durian Simimang " Mimang Jaya " sampai artikel ini diturunkan ( 7 Desember 2020 ), sudah hampir mencapai 20.000 bibit. Dari bibit yang memiliki ketinggian kurang lebih 40Cm hingga bibit yang memiliki ketinggian kurang lebih 2 M.

Kami berharap, semoga karya kami dalam rangka melestarikan sekaligus membudidayakan komuditi lokal hasil pertanian Durian Unggul Nasional Simimang bisa didukung penuh, baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Sebab BUKTI bahwa Durian Simimang ini telah diakui secara nasional telah kita miliki yakni dengan terbitnya SK Kementerian Pertanian Nomor 68/Kpts/SR.120/3/2005 TENTANG PELEPASAN DURIAN SIMEMANG SEBAGAI VARIETAS UNGGUL. 

Tidak hanya SK Kementerian Pertanian saja yang telah kita kantongi, SERTIFIKASI Pembibitan Pohon Durian Simimang sebagai salah satu Varietas Duria UNGGUL-pun telah kita miliki. Yakni dengan dikeluarkannya SK Nomor : B.604 / HR.010/H.3.2/3/2020 dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 

Selain itu SK perihal Sertifikasi Kompetensi Pengedar Benih Hortikultura dari Dinas Pertanian dan Perkebunan, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Jawa Tengah - pun sudah kita kantongi. Yakni dengan terbitnya SK nomor : 3.4.238/Pe/Kelompok/3.2020

Kesimpulannya :

  1. SK dari Kementerian Pertanian RI perihal pelepasan Durian Simemang sebagai varietas unggul Nasional, sudah kita miliki. 
  2. SK Hak Pembibitan dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Kementerian Pertanian RI juga sudah kita miliki. 
  3. SK Hak Edar Bibit Durian Unggul Simimang dari Badan Sertifikasi Kompetensi Pengedar Benih Hortikultura Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah - pun sudah kita miliki. 
  4. Proses Pembibitan terus berjalan hingga hampir mencapai 20.000 bibit
  5. SK Organisasi dari Kades beserta Struktur Kepengurusan sekaligus AD/ART Organisasi juga telah ada. 

" Cukup lengkap sudah piranti yang kita butuhkan dalam rangka tertib administrasi organisasi. Karenanya mari kita buktikan bahwa SDM Desa Pekauman tidaklah kalah dengan SDM Desa lain dalam rangka melestarikan budidaya pertanian durian unggul nasional Durian Simimang ". Tegas Kang Sugeng Pilihanto, selaku ketua Keltan Durian Simimang " Mimang Jaya ".

Dari Pekauman untuk Banjarnegara dan Bumi Nusantara !

Sekretaris Keltan Durian Simimang " Mimang Jaya "
Desa Pekauman. Kec. Madukara. Kab. Banjarnegara

Wahono, S.Pd

1 komentar:


  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)
    WA;+855969190856

    BalasHapus

Real Mining BTC, ETH, DASH, LTC and DOGE only at here !