Berita TERBARU

Sekali lagi Terimakasih Untuk Banjarnegara

Perjalanan jelang event The PREweweh Da y cukup memukau sepanjang sejarah saya membangun sebuah pergerakan di Banjarnegara. Sejak 2009 saya...

Rabu, 25 Maret 2020

Begini Cara Kelola Limbah Masker di Masyarakat Untuk Cegah Penularan COVID-19

Jangan Buang Masker Bekas Pakai, SEMBARANGAN !
Tenga apa itu virus CORONA / Covid-19, kita semua sudah tau dan belajar banyak, termasuk bagaimana cara mencegahnya. Nah... kali ini adalah salah stau tips yang tidak kalah pentingnya untuk bisa kita lakukan. Dimulai dari diri kita sendiri lalu menyebar ke yang lain..., yuks simak tipsnya tentang bagaimana cara kelola limbah masker yang udah pernah kita pake atau abis pakai.


Masker yang telah digunakan oleh Anda bisa menjadi media penularan virus dan agen penyebab penyakit, dan tentu hal ini menjadi sangat berbahaya. Namun penggunaan masker di lingkungan masyarakat tidak dikategorikan sebagai limbah medis yang diperlakukan seperti limbah medis di Fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Hal ini karena masker tersebut tidak digunakan dalam pelayanan kesehatan atau pasien di Fasyankes. Limbah masker seperti ini masuk ke dalam kategori limbah domestik, sehingga perlakuan pengelolaannya sama dengan pengelolaan limbah domestik sesuai Undang­ Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.


Berikut adalah beberapa tahapan dan cara bagaimana mengelola masker yang telah Anda pakai, agar tidak menjadi media penularan virus, terutama virus penyebab COVID-19. Langkah-langkah berikut ini dapat mengurangi risiko kesehatan akibat cara pembuangan masker bekas pakai.

01. Kumpulkan Masker Bekas Pakai.
Saat ini penggunaan Masker oleh masyarakat semakin tinggi, hal ini terkait kewaspadaan dengan isu COVID-19, secara positif juga menandakan kesadaran masyarakat untuk proteksi risiko yang cukup baik. Namun demikian peningkatan penggunaan masker juga dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab, dan dikhawatirkan masker bekas pakai dilakukan daur ulang dan dijual kembali di pasar. Kita semua harus berperan dengan mengelola masker bekas pakai milik pribadi-pribadi kita.

02. Rendam Masker Bekas Pakai dengan Desinfektan.

Lakukan desinfeksi dengan cara rendam masker yang telah digunakan pada larutan disinfektan/ klorin/pemutih. Lalu kumpulkan masker dengan wadah/plastik yang aman di ikat yang rapat.

03. Buang ke Tempat Sampah Domestik.
Masker bekas pakai yang sudah di remdam dengan desinfeksi dan telah di masukan kedalam plastik dan di iket atau di tutupd dengan rapat, baru di buang di temnpat sampah yang semestinya.

04. Cuci Tangan.
Tahap terakhir adalah Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir / gunakan hand sanitizer bila tidak ada sarana cuci tangan. Semua demi terjaga kesehatan kita secara umum dan secara khusus demi menjaga kita dari penyebaran virus codiv-19.

Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sebarkan informasi ini untuk orang-orang yang kita sayangi dan untuk Indonesia yang sehat.

NB : Menghindari agar masker bekas pakai tidak di perjual belikan kembali oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, maka sebaiknya masker bekas pakai anda, sebelum di buang, DISOBEK SAJAH !

Salam Blogger Indonesia 
#savefromcovid-19

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar