Berita TERBARU

Sekali lagi Terimakasih Untuk Banjarnegara

Perjalanan jelang event The PREweweh Da y cukup memukau sepanjang sejarah saya membangun sebuah pergerakan di Banjarnegara. Sejak 2009 saya...

Selasa, 18 Februari 2020

This OUR DREAM !

Kawan…, entah sudah berapa tahun kita menjalin kebersamaan baik dalam komunitas maupun organisasi, mimpi kita tetap sama dan tak tergeser sedikitpun. Jatuh bangun dalam membangun usaha kita masing-masing, tetap saja kita di pertemukan kembali olehNya dalam satu wadah. Dan wadah ini meski
belum terwujud, tapi polanya kian hari kian nampak jelas. Kita hendak pergi kemana, untuk tujuan apa dan dengan siapa kita mesti bekerjasama, sang waktu terus memproses satu demi satu seperti magnet yang menarik besi di sekitarnya. Jika ia bukanlah besi maka dia tidak akan tertarik. Sekalipun ia tertarik karena sebuah kepura-puraan, maka ia akan kembali pada tempatnya. Sebab wadah kita hanya untuk si besi itu sendiri bukan yang lain.

Adalah sebuah proses pencarian yang akhirnya bermuara pada si KARTA yakni sebuah organisasi resmi yang sudah berdiri sejak jaman bahela dan telah mengakar hingga tingkat desa. Mengapa mesti bermuara di tempat si KARTA ?

  1. Sebab di siKARTA inilah awal mula wadah pengenalan organisasi bagi para remaja di tingkat desa. Para remaja di bangun kepedulian sosial dan kemasyarakatnya, lalu di siKARTA inilah ia berproses untuk mengenali diri dan potensi diri, budayanya serta Bangsanya. Singkat kata ” Melalui si KARTA inilah kita membangun estafet kepemimpinan yang berkarakter di tingkat desa untuk kemajuan suatu daerah bahkan kemajuan Bangsa dan Negara” . Inilah impian atau visi yang hendak kita bangun bersama.
  2. Hanya ditempat siKARTA inilah kebutuhan administratif dan infrastruktur, telah tersedia dengan aman. Kita tinggal membantu mengarahkan agar para aktifis karta desa dapat tumbuh dan berkembang, sebagaimana yang kita harapkan. Bukankah selama ini kendala kita dalam berorganisasi dan berkomunitas, selalu di hadapkan pada ada atau tidaknya sumber pendanaan sebagai bahan bakar untuk menjalakan suatu kegiatan / program ?. Di tempat siKARTA kita tidak akan mengalami kendala klasik ini. Dan ini adalah potensi besar bagi kita untuk bisa bergerak secara aktif dan juga produktif. Dan saya sangat percaya pada kemampuan dan kapasitas kawan-kawan semua, bisa untuk menjalankan roda itu dengan optimal. Ingat, APBDes kedepan, tidak hanya infrastruktur saja yang bakal jadi prioritas tetapi pembangunan SDM justru akan menjadi prioritas utama. ( ini adalah modal sekaligus kekuatan yang tidak dimiliki oleh organisasi lain ).
  3. Jika kita bisa fokus pada satu tahun pertama untuk pembangunan infrastruktur organisasi ( terbentuknya kepengurusan yang kuat ), maka di Tahun kedua peningkatan kapasita pengurus menjadi target utama kita. Hingga ditahun ketiga, produktifitas organisasi bisa berjalan dan di tahun ke empat kita sudah bisa membangun sebuah program kaderisasi yang unggul dalam tata kelola organisasi yang baik. Jikalau energy perintahan kabupaten kita pada periode ini telah terkuras pada pembangunan infrastrustur, maka adalah menjadi kewajiban bagi kita sebagai bagian dari elemen masyarakat untuk bisa turun tangan memulai fokus pada pembangunan SDM. Menyiapkan kader muda yang berpotensi, menjadi para pemimpin yang hadal di wilayahnya masing-masing. Inilah implementasi sekaligus aktualisasi atas misi yang sering kita dengar dalam kalimat ” khoirunnas anfa’uhum linnas “ sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain. 
Kawan, saya percaya dan saya optimis, jika kita bersatu dalam wadah ini. KITA bisa mewujudkan impian kita bersama. Banjarnegara Bangkit – Indonesia Jaya dan ini kita mulai dari hal kecil yang seolah-olah biasa-biasa saja. Padahal jika kita bisa sungguh-sungguh dalam berproses dan berolah organisasi dalam wadah siKARTA ini, kita akan faham dan kita akan mengerti akan sebuah kalimat ” Dari Banjarnegara, kita selamatkan Indonesia “. 

Banjarnegara, 21 September 2019

Wahono
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar